Wednesday, 28 March 2018

Kode warna dalam website

Kode warna HTML adalah kode warna dengan format HTML kode tertentu dan manfaatnya untuk merubah warna dan mendesain warna backgrond template, kode warna html bisa juga untuk membuat huruf berwarna pada postingan artikel blog.



Kode warna HTML. Untuk merubah tampilan suatu bidang dengan memasukan kodesuatu warna pada format HTML ini dianjurkan menggunakan warna yang jelas, lembut tidak menyilaukan mata seperti untuk merubah warna huruf pada template blog. Warna yang ramah pengguna (user friendly) adalah biru, hitam, hijau, dan warna gelap lain bisa dengan tampilan warna HTML yang soft.


 Baca juga : Templates Fastest Magz v3.5 Terbaru

Nah dibawah sudah tersedia beberapa Kode warna HTML silahkan sobat copy untuk keperluan yang diinginkan.

Kode Warna HTML lengkap


Aliceblue
#FOF8FF
#FAEBD7
Antiquewhite
#00FFFF
Aqua
#7FFFD4
Aquamarine
#F0FFFF
Azure
#F5F5DC
Beige
#FFE4C4
Bisque
#000000
Black
#FFEBCD
Blanchedalmond
#0000FF
Blue
#8A2BE2
Blueviolet
#A52A2A
Brown
#DEB887
Burlywood
#5F9EAD
Cadetblue
#7FFF00
Chartreuse
#D2691E
Chocolate
#FF7F50
Coral
#64950
Cornflowerblue
#FFF8DC
Cornsilk
#DC143C
Crimson
#00FFFF
Cyan
#00008B
Darkblue
#008B8B
Darkcyan
#B8860B
Darkgoldenrod
#A9A9A9
Darkgray
#006400
Darkgreen
#8B008B
Darkmagenta
#BDB76B
Darkkhaki
#556B2F
Darkolivegreen
#FF8C00
Darkorange
#9932CC
Darkorchid
#8B0000
Darkred
#E9967A
Darksalmon
#8FBC8B
Darkseagreen
#483D8B
Darkslateblue
#2F4F4F
Darkslategray
#00CED1
Darkturquoise
#9400D3
Darkviolet
#FF1493
Deeppink
#00BFFF
Deepskyblue
#696969
Dimgray
#1E90FF
Dodgerblue
#B22222
Firebrick
#FFFAF0
Floralwhite
#228B22
Forestgreen
#FF00FF
Fuchsia
#DCDCDC
Gainsboro
#F8F8FF
Ghostwhite
#FFD700
Gold
#DAA520
Goldenrod
#808080
Gray
#008000
Green
#ADFF2F
Greenyellow
#F0FFF0
Honeydew
#FF69B4
Hotpink
#CD5C5C
Indianred
#4B0082
Indigo
#FFFFF0
Ivory
#F0E68C
Khaki
#E6E6FA
Lavender

#FFF0F5
Lavenderblush
#7CFC00
Lawngreen
#FFFACD
Lemonchiffon
#ADE8E6
Lightblue
#F08080
Lightcoral
#E0FFFF
Lightcyan
#FAFAD2
Lightgoldenrodyellow
#90EE90
Lightgreen
#D3D3D3
Lightgray
#FFB6C1
Lightpink
#FFA072
Lightsalmon
#20B2AA
Lightseagreen
#87CEFA
Lightskyblue
#778899
Lightslategray
#B0C4DE
Lightsteelblue
#FFFFE0
Lightyellow
#00FF00
Lime
#32CD32
Limegreen
#FAF0E6
Linen
#FF00FF
Magenta
#800000
Maroon
#66CDAA
Mediumaquamarine
#0000CD
Mediumblue
#191970
Midnightblue
#F5FFFA
Mintcream
#FFE4E1
Mistyrose
#FFE4E1
Moccasin
#FFDEAD
Navajowhite
#000080
Navy
#FDF5E6
Oldlace
#808000
Olive
#6B8E23
Olivedrab
#FFA500
Orange
#FF100%0
Orangered
#DA70D6
Orchid
#EEE8AA
Palegoldenrod
#98FB98
Palgreen
#AFEEEE
Paleturquoise
#DB7093
Palevioletred
#FFEFD5
Papayawhip
#FFDAB9
Peachpuff
#CD853F
Peru
#FFC0CB
Pink
#DDA0DD
Plum
#B0E0E6
Powderblue
#800080
Purple
#FF0000
Red
#BC8F8F
Rosybrown
#4169E1
Royalblue
#8B4513
Saddlebrown
#FA8072
Salmon
#F4A460
Sandybrown
#2E8B57
Seagreen
#FFF5EE
Seashell
#A0522D
Sienna
#C0C0C0
Silver
#87CEEB
Skyblue
#708090
Slategray
#FFFAFA
Snow
#00FF7F
Springgreen
#4682B4
Steelblue
#D2B48C
Tan
#008080
Teal
#D8BFD8
Thistle
#FF6347
Tomato
#40E0D0
Turquoise
#EE82EE
Violet
#F5DEB3
Wheat
#FFFFFF
White
#F5F5F5
Whitesmoke
#FFFF00
Yellow
#9ACD32
Yellowgreen

Belajar alif ba ta untuk anak-anak

Mengajar anak mengaji menjadi tanggung jawab ibu bapa namun kadangkala agak payah nak ajar anak mengaji kalau mereka tak minat. Mengajar anak mengaji bermula dengan mengenalkan mereka dengan alif ba ta. Sekarang ni sudah banyak video-video di you tube dan cd lagu-lagu alif ba ta / iqra' di pasaran, cuma saya kurang suka menggunakan video-video atau lagu-lagu ini kerana pengenalan huruf satu persatu kurang ditekankan. Tidak kesampaian maksudnya jika anak kita menghafal lancar lagu iqra' namun tidak mengenal yang mana satu alif, ba, ta dan sebagainya. 

Apa yang saya buat adalah mudah sahaja, saya pergi ke kedai buku Popular dan membeli:

1) kad warna-warni dalam saiz dan ketebalan bersesuaian untuk dijadikan kad imbas
2) marker hitam
3) glitter glue


Di rumah, saya melukis outline huruf alif ba ta / huruf hijaiyah dengan marker dan kemudian isikan glitter glue di dalam outline huruf, biar kering semalaman dan dah boleh guna kad imbas alif ba ta DIY!

Saya tak ajar anak kesemua huruf sekali gus tetapi memecahkan huruf-huruf alif ba ta ini kepada 3 kumpulan seperti di dalam gambar-gambar di bawah. Setiap huruf dikenalkan nama serta diajar anak untuk "trace" bentuk huruf tersebut ala-ala kaedah montessori. Glitter glue yang digunakan akan memberi "sensory" effect kepada anak sekaligus mengukuhkan bentuk huruf hijaiyah itu di dalam otak anak. 


ajar anak
Belajar Alif Ba Ta - Kumpulan Pertama Huruf Alif - Zai


Setiap kali mengenalkan anak kepada satu kumpulan huruf, pengenalan huruf ditekankan lagi dengan bermain  "memory game" dengan meletakkan kad imbas memandang ke bawah ( 4 kad maksima pada satu masa) dan meminta  anak mencarikan huruf "alif" contohnya. Setiap kad yang berjaya ditemui disimpan oleh saya (kini tinggal 3 kad sahaja) dan permainan diteruskan dengan mencari huruf berikutnya. 


huruf hijaiyah
Belajar Alif Ba Ta : Kumpulan Kedua Huruf Sin - Kaf


Saya mengajar anak-anak saya menggunakan kad imbas alif ba ta ini, paling lama 30 minit sahaja supaya mereka tidak bosan. Jika rajin boleh juga membuat kad imbas beserta tanda untuk mengenalkan mereka kepada bunyi huruf sebagai tahap kedua. (Ermm.. tapi saya tak sampai dah tahap ni.. kerajinan tu tak datang lagi :p ) 

ajar anak membaca
Belajar Alif Ba Ta : Kumpulan Huruf Ketiga Lam - Zai


Segala komen dipersilakan :)

Thursday, 15 March 2018

Surat Kuasa Pengambilan KIP/BSM Madrasah Tahun 2018

Program Indonesia Pintar ditandai dengan pemberian Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada anak usia sekolah dari keluarga kurang mampu sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan dan berdasarkan hasil dari pemadanan elektronik siswa madrasah sebagaimana terdaftar dalam sistem EMIS yang dikelola Kementerian Agama dengan anak/siswa sebagaimana terdaftar dalam Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin yang dikelola oleh Kementerian Sosial bersama dengan Sekretariat Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) dan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

Download Surat Kuasa Pengambilan KIP/BSM Madrasah Tahun 2018
Download Surat Kuasa Pengambilan KIP/BSM Madrasah Tahun 2018
Penyaluran manfaat Program Indonesia Pintar dilaksanakan dua kali di dalam satu tahun anggaran, yaitu periode Januari-Juni Tahun 2018 untuk semester II Tahun Pelajaran 2017/2018 yang dapat dicairkan mulai bulan Januari, dan periode Juli–Desember Tahun 2018 untuk semester I Tahun Pelajaran 2018/2019 yang dapat dicairkan mulai bulan Juli. Dengan penyaluran manfaat Program Indonesia Pintar dua kali dalam setahun diharapkan dapat membantu mengurangi kemungkinan siswa tidak dapat melanjutkan sekolah (drop-out) karena ketidaktersediaan biaya. Di samping itu, juga untuk memastikan agar siswa dari keluarga miskin dan rentan kemiskinan yang berada pada periode transisi (antar jenjang kelas dan jenjang pendidikan seperti dari MI ke MTs atau dari MTs ke MA) dapat terus melanjutkan sekolah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Mekanisme Pengambilan Dana PIP

Pengambilan dana PIP dilakukan dengan cara pengambilan langsung oleh peserta didik, dengan membawa salah satu tanda/identitas pengenal seperti: KIP/Kartu Pelajar/Kartu Tanda Penduduk/Kartu Keluarga/Surat Keterangan dari Kepala Desa/Lurah; 

Pengambilan Secara Kolektif  

Pengambilan secara kolektif dilakukan oleh kepala madrasah/bendahara madrasah dengan membawa dokumen pendukung sebagai berikut:
  1. Surat Kuasa dari siswa penerima PIP yang bersangkutan (Form- PIP.05 dan 06);
  2. Surat Keterangan Kepala Madrasah (Form-PIP.07);
  3. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) Pencairan Bansos PIP secara kolektif (Form-PIP.08).
  4. Fotokopi KTP Kepala Madrasah dan menunjukkan aslinya;
  5. Fotokopi SK Pengangkatan Kepala Madrasah definitif yang masih berlaku;
  6. Buku tabungan peserta didik yang diambil secara kolektif.
Syarat Pengambilan Secara Kolektif 

Pengambilan Secara Kolektif dapat dilakukan apabila memenuhi salah satu dari kondisi sebagai berikut:
  1. Penerima PIP bertempat tinggal di daerah yang kondisinya sulit untuk mengakses ke bank penyalur, seperti: a) tidak ada kantor bank/lembaga penyalur di kecamatan madrasah/tempat tinggal peserta didik; b) kondisi geografis yang menyulitkan seperti daerah kepulauan, pegunungan, atau pedalaman; c) jarak dan waktu tempuh relatif jauh.
  2. Penerima PIP bertempat tinggal di daerah yang kondisi transportasinya sulit, seperti: a) biaya transportasi relatif besar; b) armada transportasi terbatas.
  3. Penerima PIP tidak memungkinkan untuk mengambil dana secara langsung seperti: a) sedang sakit; b) sedang praktik kerja lapangan; c) sedang mengalami bencana alam/cuaca buruk; d) hambatan lainnya yang tidak terduga
Download Surat Kuasa Pengambilan Dana KIP Madrasah Kolektif

Berikut adalah Form- PIP. 05 dan 06 yaitu surat kuasa Pengambilan Dana KIP Madrasah secara Kolektif oleh kepala madrasah/bendahara yang dapat sobat unduh melalui tautan berikut:

Surat Kuasa Pengambilan Dana KIP Madrasah

Demikianlah informasi terkait Download Surat Kuasa Pengambilan KIP/BSM Madrasah Tahun 2018. semoga bermanfaat. Madrasah Hebat Bermartabat.
Kami_Madrasah

Tuesday, 13 March 2018

Jadwal UN SD/MI SMP/MTs SMA/SMK/MA Tahun 2018


Video Grafis tentang Pelaksanaan UN Tahun Pelajaran 2017/2018


Sumber Video: Litbang Kemendikbud

Wednesday, 14 February 2018

Panduan SIMPATIKA KEMENAG V2.0 Tahun 2018


 Pusat layanan SIMPATIKA Kemenag telah menerbitkan Panduan SIMPATIKA KEMENAG Versi 2.0 Tahun 2018. Dalam Panduan tersebut dijelaskan secara rinci tentang langkah-langkah dasar pengerjaan layanan SIMPATIKA Kemenag di Tahun 2018.


Pusat Layanan PTK Kemenag merupakan lanjutan dari program Padamu Negeri yang dirintis oleh Kemdikbud sejak 20 Mei 2013 hingga Juni 2015. Mulai 17 Agustus 2015, Kemenag mengembangkan secara mandiri Layanan SIMPATIKA Online berbasis sistem SIAP Padamu Negeri bekerjasama dengan PT. Telkom Indonesia.


Melalui Layanan SIMPATIKA Online ini, Kemenag mengembangkan beragam program kerja untuk kepentingan PTK Kemenag, meliputi: Digitalisasi Portofolio PTK, Bantuan/Beasiswa PTK, Tunjangan PTK, Diklat PTK, Sertifikasi PTK, Pemetaan Mutu PTK, dan beragam program lainnya.


Proses transaksi data pada Layanan SIM PTK Online Kemenag akan melibatkan secara berjenjang dari individu PTK, Pimpinan Madrasah/Sekolah, Kantor Kemenag Kab/Kota, Kantor Wilayah Kemenag Provinsi, hingga Unit-Unit Kerja Kemenag Pusat dengan terpadu.

Download Panduan SIMPATIKA KEMENAG V2.0 Tahun 2018

Sobat Kami Madrasah berikut adalah buku Panduan SIMPATIKA KEMENAG V2.0 Tahun 2018 yang dapat sobat unduh melalui tautan berikut ;


Demikianlah informasi tentang Panduan SIMPATIKA KEMENAG V2.0 Tahun 2018, semoga bermanfaat.

Monday, 12 February 2018

Download POS Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2018


Dalam menjalankan peran akreditasi, BAN S/M memiliki tugas sebagaimana diatur dalam Permendikbud Nomor 59 Pasal 9 ayat (1) yang menyatakan bahwa “BAN-S/M mempunyai tugas merumuskan kebijakan operasional, melakukan sosialisasi kebijakan, dan melaksanakan akreditasi Sekolah/Madrasah.”

Download POS Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2018

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana disebutkan pada ayat (1), pada ayat (2) disebutkan bahwa BAN-S/M mempunyai fungsi untuk: 
  1. Merumuskan kebijakan dan menetapkan akreditasi sekolah/ madrasah;
  2. Merumuskan kriteria dan perangkat akreditasi sekolah/madrasah untuk diusulkan kepada Menteri;
  3. Melaksanakan sosialisasi kebijakan, kriteria, dan perangkat akreditasi sekolah/madrasah;
  4. Melaksanakan akreditasi sekolah/madrasah;
  5. Mengevaluasi pelaksanaan dan hasil akreditasi sekolah/madrasah;
  6. Memberikan rekomendasi tentang tindak lanjut hasil akreditasi;
  7. Mengumumkan hasil akreditasi sekolah/madrasah secara nasional;
  8. Melaporkan hasil akreditasi sekolah/madrasah kepada Menteri; dan
  9. Melaksanakan ketatausahaan BAN-S/M.
Panduan Khusus Akreditasi Sekolah/Madrasah

Persyaratan Akreditasi 
  1. Memiliki surat keputusan pendirian/operasioanl sekolah/madrasah.
  2. Memiliki nomor pokok sekolah nasional (NPSN) yang diterbitkan oleh Pusat Data Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK).
  3. Memiliki peserta didik pada semua tingkat kelas.
  4. Memiliki sarana dan prasarana pendidikan.
  5. Memiliki pendidik dan tenaga kependidikan.
  6. Melaksanakan kurikulum yang berlaku.
  7. Telah menamatkan peserta didik.

Sekolah/Madrasah Merger 
  1. Sekolah/madrasah yang dimerger dinyatakan sebagai satuan pendidikan baru dengan NPSN baru.
  2. Sekolah/madrasah yang dimerger, akreditasi sebelumnya dinyatakan tidak berlaku.
  3. Sekolah/madrasah merger (Baru) harus diakreditasi sesuai ketentuan yang berlaku.

Sekolah/Madrasah Yang Berubah Nama
 
  1. Sekolah/madrasah yang berubah nama dinyatakan sebagai satuan pendidikan baru dengan NPSN baru.
  2. Sekolah/madrasah yang berubah nama, akreditasi sebelumnya dinyatakan tidak berlaku.
  3. Sekolah/madrasah dengan nama baru, harus diakreditasi sesuai ketentuan yang berlaku.

Sekolah/Madrasah Yang Pindah Lokasi 
  1. Sekolah/madrasah yang pindah lokasi dinyatakan sebagai satuan pendidikan baru dengan NPSN baru.
  2. Sekolah/madrasah yang pindah lokasi, akreditasi sebelumnya dinyatakan tidak berlaku.
  3. Sekolah/madrasah dengan lokasi baru, harus diakreditasi sesuai ketentuan yang berlaku.

Sekolah/Madrasah Yang Ditutup
 
  1. Sekolah/madrasah yang ditutup, akreditasinya dinyatakan tidak berlaku.
  2. Sekolah/madrasah yang ditutup harus melaporkan kepada BAP-S/M dan pihak terkait
  3. BAP S/M mencabut sertifikat akreditasi sekolah/madrasah yang ditutup.

Akreditasi SMK 
  1. Akreditasi SMK dilakukan terhadap Program Keahlian, bukan Kompetensi Keahlian.
  2. Program Keahlian mengikuti Spektrum 2013 dan 2016
  3. Kompetensi Keahlian mengikuti akreditasi Program Keahlian.
  4. Program Keahlian yang belum terakreditasi dan Kompetensi Keahliannya sudah diakreditasi, maka: a) Jika program keahlian hanya memiliki satu Kompetensi Keahlian, maka nilai dan peringkat Kompetensi Keahlian menjadi nilai dan peringkat Program Keahlian.  b) Jika Program Keahlian terdapat beberapa Kompetensi Keahlian, maka nilai dan peringkat Akreditasi Program Keahlian ditetapkan berdasarkan nilai dan peringkat akreditasi Kompetensi Keahlian yang tertinggi. c) Jika Program Keahlian terdapat beberapa Kompetensi Keahlian dan hanya satu Kompetensi Keahlian yang terakreditasi, maka nilai dan peringkat akreditasi Program Keahlian mengikuti nilai dan peringkat Kompetensi Keahlian tersebut.
  5. Jika Program Keahlian telah terakreditasi, maka nilai dan peringkat akreditasi Kompetensi Keahlian dinyatakan tidak berlaku.
Download POS Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2018

Sobat Kami Madrasah berikut adalah POS Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2018 yang dapat sobat unduh melalui tautan berikut ini;Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2018 Revisi 2

Demikianlah informasi tentang Download POS Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2018, semoga bermanfaat untuk Madrasah yang lebih baik.
Kami_Madrasah