Thursday, 29 March 2018

Contoh Soal UAS PKn Kelas 6 Semester 2

Soal berikut merupakan Contoh Soal UAS PKn Kelas 6 Semester 2 yang dapat kalian pelajari guna untuk persiapan kalian dalam menghadapi UAS atau Ujian Akhir Sekolah. Berikut contoh soal UAS PKn kelas 6 silahkan di share. Semoga contoh soal UAS PKn kelas 6 semester 2 ini dapat bermanfaat.

Contoh Soal UAS PKn Kelas 6 Semester 2
Contoh Soal UAS PKn Kelas 6 Semester 2


Contoh Soal UAS PKn Kelas 6 Semester 2


I. Berilah tanda silang (x) pada opsi pilihan A, B, C atau D pada jawaban yang dianggap tepat!



1. Penandatanganan deklarasi Bangkok dilakukan di….

 A.   Jakarta                 

 B.   Kuala Lumpur

 C.  Bangkok

         D. Manila



2. Wakil negara Singapura yang menandatangani Deklarasi Bangkok adalah….

 A.   Thanat Khoman   

 B.   Adam Malik         

 C.   Tun Abdul Razaq

 D.   S.Rajaratnam





 3. Negara yang menjadi anggota ke-6 ASEAN adalah….

 A. Vietnam               

 B.   Myanmar

 C.   Laos

 D.   Brunai Darussalam



4. KTT ASEAN I diadakan di….

 A.   Singapura             

 B.   Bali

 C.   Kuala Lumpur

 D.   Manila



5. Berikut ini yang bukan merupakan tokoh Indonesia yang pernah menjabat Sekjen ASEAN

 yaitu….

 A.   Umar Wirahadikusuma

 B.  Umarjadi Notowiyono

 C.  H.R.Dharsono

 D. Rusli Noor


6. Yang bukan anggota ASEAN adalah….

 A.  Thailand

 B.   Singapura

 C.   Kamboja

 D.  China



7. ASEAN adalah kerjasama bangsa-bangsa di kawasan ….

 A.  Asia Barat

 B.  Asia Timur

 C.  Asia Tenggara

 D.  Asia



8. Jumlah seluruh negara anggota ASEAN saat ini adalah . . .   .

 A. 7

 B. 8

 C. 9

 D. 10



9. Salah satu isi Deklarasi Bangkok yang benar di bawah ini adalah . . .

 A. meningkatkan kerjasama untuk memajukan pendidikan, latihan, dan penenelitian di

  kawasan Asia Tenggara.

 B. menyelesaikan konflik  intern dalam negeri anggota ASEAN.

 C. membentuk negara-negara khusus untuk membela perdamaian dunia.

 D. mempercepat pertumbuhan ekonomi negara-negara jajahan di Asia Tenggara



10. Menteri luar negeri Indonesia yang menandatangani Deklarasi Bangkok adalah . . .   .

 A.  Adam Malik

 B.  Moh. Hatta

 C.  H.R Darsono

 D.  B.J Habibi



11. Titian Muhibah adalah program budaya yang dibentuk oleh tiga negara yaitu ...

 A. Indonesia, Malaysia, Filipina

 B. Indonesia, Malaysia, Brunai Darussalam

 C. Indonesia, Malaysia , Singapura

 D. Indonesia, Singapura, Timor leste



12. Sekretaris Jendral ASEAN pertama dari Indonesia adalah . . .   .

 A. Adam Malik

 B. Moh. Hatta

 C. H. R. Darsono

 D. B.J Habibi



13. Kekuasaan tertinggi dalam dalam organisasi ASEAN berlangsung pada pertemuan para . . .   .

 A. menteri luar negari

 B. kepala Negara

 C. sekretaris jendral

 D. kepala daerah



14. Tujuan dibentuknya kawasan perdagangan bebas (AFTA) di Asia Tenggara adalah untuk . . .   .

 . meningkatkan daya saing agar mampu bersaing dengan negara kawasan lain.

 B. melindungi sumber daya alam agar tidak diexploitasi negara lain.

 C. membentuk kelompok kerja ekonomi di kawasan Asia Tenggara.

 D. melindungi produk dalam negeri agar tidak dikuasai negara lain



15. Politik luar negeri IndonesiaBebas Aktif artinya bebas menentukan sikap dan pandangan

 terhadap masalah-masalah internasional dan terlepas dari ikatan kekuatan negara adikuasa.

 Indonesia senantiasa aktif memperjuangkan terbinanya ... dunia

 A. Perdamaian

 B. Kemerdekaan

 C. Ketertiban

 D. Keadilan



16. Politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif harus bersifat luwes yaitu mudah dan cepat ... .

 A. Bersahabat

 B. Menyesuaikan diri

 C. Berpartisifasi

 D. Berkolaborasi



17. Landasan politik luar negeri Indonesia adalah ... .

 A. Pancasila

 B. UUD 1945

 C. UU

 D. Perpu



18. Tujuan politik luar negeri Indonesia menurut Moh. Hatta salah satunya adalah...

 A. Negara satu dengan yang lain harus saling menghormati dan damai untuk mewujudkan

  kerukunan hidup

 B. Mempertahankan kemerdekaan bangsa dan menjaga keselamatan negara

 C. Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan dan keadilan sosial

 D. Mempertahankan kemerdekaan bangsa dan memperoleh barang yang diperlukan dari luar

  negeri untuk kemakmuran rakyat



19. Faktor dalam negeri yang mempengaruhi kondisi politik luar negeri Indonesia adalah ..

 A. Arus globalisasi dan interdepedensi semakin menguat

 B. Berbagai kerusuhan di beberapa daerah di Indonesia

 C. Semakin mengglobalnya masalah-masalah lingkungan hidup

 D. Tampilnya negara Amerika sebagai negara adikuasa



20. Yang bertugas membantu presiden dalam menyelenggarakan sebagian uruan pemerintah

 dibidang politik dan segala urusan yang menyangkut peranan dari departemen ... .

 A. Dalam Negeri

 B. Pariwisata

 C. Luar negeri

 D. perindustrian



21. Penggagas GNB dari Indonesia adalah ... .

 A. Josep Broz Tito

 B. Gamal Abdul Naser

 C. Ir. Soekarno

 D. Kwame Nkrumah

   

22.  Politik luar negeri Indonesia adalah bebas dan aktif. Bebas berarti....

  A.  tidak mengikatkan diri terhadap kehendak negara lain

  B. dapat berpihak ke negara blok Barat atau blok Timur

  C.  tidak akan mengirim tentara ke luar negeri untuk urusan apapun

  D.  dapat mengubah perjanjian apa pun sesuai kepentingan



23. Indonesia ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan...

      A.  kemerdekaan, sosial, budaya, dan keamanan

      B.  perdamaian, ekonomi, budaya, dan sosial

      C.  keadilan sosial, ekonomi, keamanan, dan budaya

      D.  kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan social



24. Dalam menyelesaikan konflik, Indonesia lebih memilih menggunakan cara....

      A.  diplomasi

      B.  kekerasan

      C.  kekeluargaan

      D.  konfrontasi



25.  Politik luar negeri bebas aktif memiliki landasan idiil, yakni....

      A.  Pancasila

      B.  UUD 1945

      C.  TAP MPR

      D.  UU



26.  Salah satu landasan operasional politik luar negeri bebas aktif adalah....

       A.  TAP MPR

       B.  UU No.37 tahun 1999

       C.  pembukaan UUD 1945

       D.  UU pengganti



27.  Salah satu tujuan politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif adalah....

       A. membina kerja sama antar negara blok barat

       B. menjalin kerja sama di bidang militer dan ekonomi

       C. menjalin kerja sama antar negara dalam segala bidang

       D. memperkuat sistem keamanan negara sendiri dan tetangga



28.  Untuk mengurangi ketegangan antara Blok Barat dan blok Timur, pada tahun 1955 pemerintah

 RI mengadakan konferensi di Bandung, yakni....

       A. Konferensi Tingkat Tinggi Indonesia

       B.  Konferensi Asia Afrika

       C.  Konferensi Malino

       D. Konferensi Meja Bundar



29. Politik luar negeri Indonesia bebas aktif. Bebas, artinya ….

 A. bebas memilih rakyat dari negara lain

 B. tidak memihak salah satu blok

 C. bebas menjalin hubungan dengan dunia internasional

 D. dapat mencampuri urusan dalam negeri negara lain



30. Arah kebijakan suatu negara untuk mengatur hubungan luar negeri disebut ….

 A. politik luar negeri

 B. politik ekonomi

 C. politik dalam negeri

 D. politik ideology



31. Politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif dicetuskan oleh . . . .

 A. Ir. Soekarno

 B. Drs. Moh. Hatta

 C. Soeharto

 D. Muhammad Roem



32. Setiap negara mempunyai kebijakan politik luar negeri yang . . . .

 A. Sama

 B. Seimbang

 C. serupa

 D. Berbeda-beda



33.  Seorang duta besar bertempat tinggal di . . . .

 A. Gedung kedutaan

 B. Rumah dinas

 C. DPR

 D. Negaranya



34. Seorang duta besar diangkat oleh . . . .

 A. Menteri

 B. Presiden

 C. Pejabat

 D. Pengusaha



35. Dalam hal mengangkat duta, Presiden memerhatikan pertimbangan . . .

 A. DPD

 B. MPR

 C. BPK

 D. DPR



II. Isilah pertanyaan berikut ini dengan benar!



36. Salah satu Negara yang menghadiri Deklarasi Bangkok pada tanggal 8 Agustus 1967 adalah…

37. Negara di Asia Tenggara yang merupakan paling maju di bidang industri adalah…

38. KTT Asean I diselenggarakan di kota…

39. Orang Indonesia pertama yang menjadi Sekjen Asean adalah…

40. Landasan konstitusional politik luar negri Indonesia adalah…

41. Menjembatani kepentingan nasional dengan dunia internasional adalah tugas dari …

42. Peran Indonesia dalam konferensi Asia Afrika adalah…

43. Indonesia tidak memihak salah satu blok kekuatan yang ada di dunia, ini merupakan pengertian

 dari politik ...

44. Wakil Indonesia dalam pembentukan KAA adalah ... .

45. Pasukan perdamaian Indonesia dalam misi PBB diberi nama pasukan ... .



III.  Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar !



46. Jelaskan latar belakang berdirinya ASEAN !

47. Berilah contoh jalinan kerjasama bilateral antara Indonesia dengan Thailand dalam bidang

 ekonomi!

48. Jelaskan Peran Indonesia dalam usaha perdamaian di Filipina !

49. Apakah yang dimaksud dengan ekstra teritorial ?

50. Sebutkan 5 organisasi di bawah naungan PBB

Latihan Soal UAS SBK Kelas 6 Semester 2 KTSP

Bank Soal SD kls 6- Latihan Soal UAS SBK Kelas 6 Semester 2 KTSP - Berikut ini merupakan contoh Latihan Soal UAS SBK Kelas 6 Semester 2 KTSP yang dapat dipelajari sebagai bekal atau persiapan dalam menghadapi UKK (Ulangan Kenaikan Kelas) / UAS (Ulangan Semester Akhir) khususnya kelas 6 mata pelajaran SBK (Seni Budaya dan Keterampilan).

Soal ini pun dapat dijadikan referensi atau acauan dalam pembuatan Soal UKK SBK Kelas 6 Semester 2 pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP 2006). Karena soal ini dilengkapi dengan matrik dan kisi-kisi soal dan mengacu pada Kompetensi Dasar mata pelajaran SBK.

Latihan Soal UAS SBK Kelas 6 Semester 2 KTSP

I. Berilah tanda silang (x) dihuruf A, B, C atau D pada jawaban yang benar!

1. Gambar yang dibuat dengan pola teratur dan digunakan sebagai hiasan disebut . . . .
A. motif hias
B. relief
C. patron
D. disain

2. Dalam batik Jawa motif garis-garis disebut motif . . . .
A. abstrak
B. lurik
C. truntum
D. jumputan

3. Sebelum mengenal kain, nenek moyang kita membuat motif hias pada . . . .
A. tembok
B. tubuh dan kulit kayu
C. tempurung kelapa
D. batu cadas

4. Salah satu keunikan motif sulaman kasab timbul yaitu . . . .
A. disulam dari benang jahit warna-warni
B. sulaman disusun secara teratur dan berulang-ulang
C. bagian dalam motif sulaman diisi potongan karton
D. motif sulaman berupa motif geo metris

5. Keunikan motif poleng terdapat pada makna simboliknya. Motif kotak-kotak hitam dan putih secara berselang-seling mengandung makna . . . .
A. baik dan buruk
B. hambar dan asin
C. laki-laki dan perempuan
D. api dan air

6. Gambar ilustrasi disebut juga gambar . . . .
A. cerita 
B. dekorasi 
C. drama 
D. karikatur

7.  menggambar berikut yang tidak memerlukan pengencer yaitu . . . .
A. cat poster 
B. cat air 
C. krayon 
D. tinta

8. Dalam menggambar ilustrasi suasana alam sekitar, bingkai pemandang berfungsi untuk …..
A. memilih sudut pandang suasana alam yang paling menarik
B. membidik gambar suasana alam dalam bentuk foto
C. membuat sketsa kasar suasana alam yang diamati
D. membingkai gambar suasana alam yang telah dibuat
9. Pameran kelas sebaiknya diadakan …. 
A. tiap akhir semester
B. Setiap akhir pecan
C. Setiap minggu
D. Setiap hari

10. Karya seni rupa untuk pameran kelas ditata berdasarkan ….
A. keputusan kepala sekolah
B. warna-warni karya
C. rapat orangtua
D. jenis karya

11. Sampek berasal dari daerah . . . .
A. Jawa Barat
B. Jawa Tengah
C. Kalimantan
D. Papua

12. Musik Thek-Thek atau Kentungan berasal dari daerah . . . .
A. Jawa Barat
B. Jawa Timur
C. Jawa Tengah
D. Papua

13. Tangga nada yang digunakan dalam lagu ”Soleram” yaitu . . . .
A. diatonik mayor
B. diatonik minor
C. pentatonik
D. septatonik

14. Lagu yang isi syairnya menggambarkan kegagahan burung garuda yang menja di lambang negara kita yaitu lagu . . . .
A. Manuk Dadali
B. Apuse
C. Gundhul Pacul
D. Soleram

15. Alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik adalah ….
A. Angklung
B. Kecapi
C. rebab
D. Tifa

16. Musik Thek-Thek atau Kentungan dimainkan oleh . . . orang.
A. 20 sampai 30
B. 20 sampai 40
C. 30 sampai 40
D. 30 sampai 50

17. Tarian yang hidup dan berkembang di kalangan rakyat jelata disebut tari . . . .
A. klasik
B. rakyat
C. modern
D. kreasi baru

18. Karya tari yang berasal dari daerah Surakarta yaitu tari . . . .
A. Gambyong
B. Payung
C. Jaipongan
D. Remo

19. Sebelum melakukan pementasan musik, ada satu hal penting yang harus kamu persiapkan yaitu ….
A. repertoar atau materi pertunjukan musik
B. mendokumentasikan pertunjukan musik
C. mengevaluasi hasil pertunjukan musik
D. mengapresiasi hasil pertunjukan musik

20. Birama yang tepat saat mementaskan lagu “Naik-naik ke Puncak Gunung” adalah ….
A. 2/2
B. 2/4
C. 4/4
D. 6/8

21. Garis-garis di lantai yang dibentuk oleh formasi penari disebut . . . .
A. properti
B. pola lantai
C. pola tari
D. ekspresi

22. Perhatikan tabel berikut ini !
1 Jumlah Penari
2 Gerak Tari
3  Juri Pertunjukan
4 Tempat pertunjukan
5 Penonton Pertunjukan
Bentuk pola lantai karya tari harus disesuaikan dengan …..
A. 1, 2, 3
B. 2, 3, 5
C. 1, 2, 4
D. 1, 4, 5

23. Pendukung yang tepat dalam membentuk pola tari dengan . . . .
A. jumlah penari, gerak tari, dan tempat pertunjukan
B. busana, tata rias, dan panggung
C. panggung, properti, dan tata rias
D. tata lampu, busana, dan gerak

24. Koreografer dapat menunjukkan kemampuannya dalam mencipta karya tari melalui ….
A. pergelaran
B. wawasan
C. apresiasi
D. ekspresi

25. Seksi-seksi khusus dalam pergelaran karya seni tari yaitu . . . .
A. penata tari, penata rias, penata busana, penata panggung, dan pe nata iringan
B. sekretaris, bendahara, penanggung jawab, dan penata tari
C. penanggung jawab, ketua, penata tari, penata panggung, dan penata iringan
D. pengumpul karya tari, pelaksana, penanggung jawab, koordinator, dan penata tari

26. Langkah pertama yang diperlukan dalam mempersiapkan pertunjukan karya seni tari adalah ....
A. mempersiapkan pergelaran
B. menyusun kepanitiaan
C. membuat perencanaan
D. pelaksanaan pertunjukan

27. Tari Kuda Kepang diperagakan secara . . . .
A. berpasangan
B. duet
C. berkelompok
D. perseorangan

28. Tari Kuda gepang Putri berasal dari daerah . . . .
A. Sumatra Selatan
B. Kalimantan Selatan
C. NTB
D. Maluku

29. Saat pertama kali diciptakan, roda berupa . . . .
A. logam berlapis karet
B. kayu gelondongan
C. bulatan dari tanah liat
D. bulatan dari semen

30. Tujuan pemberian roda pada berbagai perabot yaitu untuk . . . .
A. memudahkan dalam memindahkannya
B. memudahkan dalam menjualnya
C. memudahkan dalam membelinya
D. mengamankan perabot dari pencuri

31. Komponen utama otopet yaitu . . . .
A. papan pijakan, sabuk pengaman, roda
B. kayuh, tempat duduk, tangkai kemudi
C. papan pijakan, tangkai tegak, tangkai kemudi, roda
D. rem, roda, tangkai kemudi, jeruji

32. Pembuatan gambar rancangan sebelum berkarya benda kerajinan selalu dianjurkan sebab dapat . . . .
A. memberi gambaran bentuk benda yang akan dibuat
B. menghemat biaya pembuatan
C. mempercepat proses pembuatan
D. merangsang timbulnya ide baru

33. Gambar rancangan yang baik yaitu . . . .
A. berupa sketsa kasar
B. sketsa yang diperhalus, diwarnai, disertai nama bagian-bagiannya
C. dibuat dalam ukuran besar
D. diwarnai dengan warna-warna terang

34. Perhatikan gambar berikut ini !
        Latihan Soal UAS SBK Kelas 6 Semester 2 KTSP
Bagian otopet yang ditunjukkan oleh huruf A disebut . . . .
A. tangkai tegak
B. kemudi
C. kayuh
D. sandaran

35. Perhatikan gambar berikut ini !
  Latihan Soal UAS SBK Kelas 6 Semester 2 KTSP
Bagian truk yang ditunjukkan oleh huruf B disebut . . . .
A. bak
B. roda
C. kepala
D. rem

II. Isilah titik-titik berikut ini dengan jawaban yang tepat !

36. Perhatikan gambar berikut ini !
Latihan Soal UAS SBK Kelas 6 Semester 2 KTSP
Tema yang tepat pada gambar ilustrasi tersebut adalah ….
37. Dalam menyiapkan pameran karya seni rupa diperlukan dekorasi ruang. Dekorasi ruang bertujuan untuk ….
38. Jenis gendang yang terdapat di Papua, Kalimantan Tengah, dan Maluku disebut gendang . . . .
39. Lagu anak-anak menggambarkan tentang segala kehidupan ….
40. Alat musik angklung berasal dari …..
41. Perhatikan pola lantai berikut ini !
 Latihan Soal UAS SBK Kelas 6 Semester 2 KTSP
Jumlah pemain pada pola lantai tersebut adalah ….
42. Nama lain busana tari disebut ….
43. Tugas seksi perlengkapan panggung dalam persiapan pertunjukan disekolah adalah ….
44. Perhatikan gambar berikut ini !
  Latihan Soal UAS SBK Kelas 6 Semester 2 KTSP
Bahan utama mainan pada gambar tersebut adalah ….
45. Perhatikan gambar berikut ini !
  Latihan Soal UAS SBK Kelas 6 Semester 2 KTSP
Gambar rancangan tersebut digunakan untuk membuat mainan ….

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan jawaban yang singkat dan jelas!

46. Apa tujuan penataan karya seni rupa dalam penyelenggaraan pameran seni rupa di kelas atau sekolah ?
47. Sebutkan hal-hal yang harus dilakukan sebelum pementasan !
48. Perhatikan gambar berikut ini !
   Latihan Soal UAS SBK Kelas 6 Semester 2 KTSP
Gambarkan garis bentuk formasi penari berdasarkan gambar tersebut !
49. Tuliskan manfaat pembuatan mainan dari barang bekas bagi anak-anak !
50. Jelaskan fungsi roda pada mainan beroda !

Sejarah Perjuangan dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia

IPS Kelas 5 SD - Sejarah Perjuangan dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia - Berikut ini merupakan ulasan singkat tentang perjalanan sejarah bangsa Indonesia dalam memperjuangkan serta mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah.

Sejarah Perjuangan dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia ini merupakan salah satu materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang harus dipelajari pada tingkat sekolah dasar. Berikut ulasan singkat tentang Sejarah Perjuangan dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia semoga dapat bermanfaat.

Sejarah Perjuangan dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia
Sejarah Perjuangan dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia


Sejarah Perjuangan dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia
A. Beberapa Usaha dalam Rangka Mempersiapkan Kemerdekaan
Banyak pergerakan yang dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan. Akan tetapi, semua pergerakan bangsa Indonesia tersebut dilarang, kecuali organisasi atau badan-badan yang tugasnya membantu Jepang.

Pada 1 Maret 1945, Jenderal Kamakuci Herada mengumumkan dibentuknya badan yang bertugas mempersiapan kemerdekaan Indonesia. Badan tersebut dinamakan BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia). Tujuannya untuk mempersiapkan hal-hal penting mengenai masalah tata pemerintahan negara Indonesia setelah merdeka. Badan tersebut diketuai oleh dr. Radjiman Wedyodiningrat. BPUPKI ini diresmikan pada 29 Mei 1945.

Pada sidang 29 Mei 1945, Mohammad Yamin mengajukan rancangan dasar negara. Yakni peri kebangsaan, peri kemanusiaan, peri ketuhanan, peri kerakyatan dan kesejahteraan rakyat. Pada 31 Mei 1945, Supomo mengajukan racangan dasar negara yang terdiri atas persatuan, kekeluargaan, mufakat dan demokrasi, musyawarah dan keadilan sosial. Pada 1 Juni 1945, Ir. Soekarno yang mengajukan lima rancangan dasar negara, dan memberi nama Pancasila. Rancangan itu berisi kebangsaan Indonesia, internasionalisme dan perikemanusiaan, mufakat atau demokrasi, kesejahteraan sosial, dan ketuhanan yang maha esa.
Sejarah Perjuangan dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia
Sejarah Perjuangan dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia
Pada 22 Juni 1945 dibentuklah panitia kecil. Panitia tersebut terdiri atas sembilan orang anggota, yaitu:
  1. Ir. Soekarno, 
  2. Drs. Moh. Hatta, 
  3. Muhamad Yamin,
  4. Ahmad Subardjo, 
  5. A. A. Maramis, 
  6. Abdulkahar Muzakar, 
  7. K.H. Wachid Hasyim,
  8. K.H. Agus Salim, dan 
  9. Abikusno Tjokrosujoso. 
Ketuanya adalah Ir. Soekarno. Panitia Sembilan ini bertugas merumuskan asas dan tujuan negara merdeka. Panitia Sembilan berhasil merumusakan dokumen yang dikenal sebagai Jakarta Charter atau Piagam Jakarta. Piagam Djakarta tersebut kemudian dijadikan sebagai Mukadimah Undang-Undang Dasar 1945. Akan tetapi, terdapat perubahan pada bagian pertama dalam Piagam Djakarta, yaitu “Ketuhanan dengan berkewajiban menjalankan syariat-syariat Islam bagi para pemeluknya”. Kalimat ini kemudian diubah menjadi “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Hal ini dilakukan sebagai wujud toleransi terhadap pemeluk agama lain.

Pada 10-16 Juli 1945, BPUPKI mengadakan sidang kedua. Dalam sidang ini mereka berhasil membuat Rancangan Undang-Undang Dasar untuk Indonesia merdeka.

B. Perlunya Perumusan Dasar Negara Sebelum Kemerdekaan
Dalam perang Pasifik, Jepang semakin terpojok. Puncaknya, pada 6 Agustus 1945, Kota Hiroshima diJepang dibom oleh Amerika Serikat. Pada 9 Agustus 1945 Kota Nagasaki juga dibom oleh Amerika Serikat. Akhirnya, pada 14 Agustus 1945 Jepang menyerah kalah kepada Sekutu. Keadaan tersebut dimanfaatkan oleh bangsa Indonesia untuk menyatakan kemerdekaan.

Pada 7 Agustus 1945, BPUPKI dibubarkan. Sebagai gantinya dibentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) dengan beranggotakan 21 orang yang diketuai oleh Ir. Soekano.Pada 9 Agustus tiga orang tokoh bangsa Indonesai dipanggil oleh Panglima Mandala Asia Tenggara Marsekal Terauci ke Saigon. Mereka adalah Ir. Soekarno,Drs. Moh. Hatta, dan dr. Rajiman Wedyodiningrat. Pada 12 Agustus 1945, merekabertemu Marsekal Terauci di Dalath (Vietnam Selatan). Dalam pertemuan itu, Marsekal Terauci menyampaikan bahwa pemerintah Jepang akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia. Pelaksanakannya diserahkan kepada PPKI.

PPKI tidak pernah diresmikan. Pengurusnya pun tidak dilantik sampai saat Jepang menyerah kepada tentara Sekutu. Akan tetapi, PPKI mampu menjalankan fungsinya sampai dengan perumusan Proklamasi. Akhirnya, pada 17 Agustus 945,bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya.

Pada 18 Agustus 1945 mengadakan sidang pertama. Dalam sidang itu, PPKImenghasil tiga keputusan penting, yaitu
  1. Mengesahkan UUD 1945 sebagai undang-undang dasar negara Indonesia.
  2. Memilih dan mengangkat Ir. Soekarno sebagai Presiden dan Drs. Moh. Hatta sebagai Wakil Presiden.
  3. Membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) yang bertugas membatu presiden dan wakil presiden sebelum lembaga resmi terbentuk.

Dalam Pembukaan UUD 1945 terdapat rumusan Pancasila. Rumusan Pancasila inilah yang merupakan rumusan yang resmi dipergunakan sampai saatini. Perumusan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia sangat penting dalam menyusun rancangan ketatanegaraan Indonesia dalam upaya untuk mempersiapkan kemerdekaan bangsa

Wednesday, 28 March 2018

Berjuan-Bertarung Nyawa Demi Sekolah

Dalam video berikut memperlihatkan beberapa orang anak dengan seragam sekolah tengah melewati sungai dengan cara yang sangat extrim.
Apakah dizaman yang serba gadget ini masih ada yang belum menikmati jembatan dan jalanan yang beraspal....?????
Berjuan-Bertarung Nyawa Demi Sekolah
Berjuan-Bertarung Nyawa Demi Sekolah

Banyak orang berkeberatan ketika ada selentingqan bahwa harga BBM akan dinaikkan dan subsidi akan diturunkan. Well... Kekuatiran seperti itu memang wajar, karena ketika harga BBM naik pastinya harga kebutuhan pokok juga perlahan akan ikut merangkak naik.

Kenaikan BBM memang bisa dipertambangkan, asal... Subsidi yang dicabut atau diturunkan itu nantinya dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Bukan malah hanya dinikmati oleh segelintir oknum pejabat dan elite politik yang sedang berkuasa saja.

Bukan pula seperti yang terjadi hari ini, rakyat diharuskan membayar pajak tapi pajaknya justru dikorupsi oleh oknum pegawai pajak, rakyat disuruh beli bensin mahal tapi yang terjadi banyak kasus korupsi dan mafia migas di negeri ini. Bukankah seharusnya bumi, air dan udara beserta kekayaan yg terkandung didalamnya seharusnya digunakan untuk mensejahterakan rakyat bukan pejabat??

Kebijakan pemerintah untuk menaikkan BBM harusnya juga diimbangi dengan upaya peningkatan sarana dan prasana transportasi public, termasuk menyediakan moda transportasi yang aman dan nyaman, memperbaiki jembatan dan jalan. Sehingga orang akan berpikir 2 x untuk menggunakan kendaraan pribadi apa lagi jika sudah tersedia akngkutan publik yang murah, bersih, aman dan nyaman.

Lalu pantaskah jika pemerintah berencana menaikkan BBM jika sarana dan prasarana saat ini tidak mendukung? tapi disisi lain pantaskah masyarakat (terutama) kita yang tinggal di jawa mengeluh ketika wacana kenaikan BBM itu bergulir? mari kita sama-sama saling introspeksi setelah melihat ini.

Foto-foto ini  saya REPOST dari berbagai sumber, untuk mengingatkan kembali pada masyarakat terutama para pemimpin yang sedang berkuasa. bahwa diluar sana, didaerah yang jauh dari perkotaan dan kemewahan ada anak-anak generasi penerus bangsa yang berjuang bertaruh nyawa untuk mendapatkan pendidikan layak, pendidikan yang (katanya) harus didapat untuk masa depan yang lebih baik.

[caption id="attachment_341177" align="alignnone" width="400" caption="daily mail photo"][/caption]

Ini adalah foto perjuangan anak dari desa Sanghiang Tanjung, Lebak Banten untuk dapat bersekolah. Anak-anak yang tinggal di salah satu sisi dari Sungai Ciberang harus menyeberangi sebuah jembatan gantung yang sudah rusak untuk mencapai sisi lain di mana sekolah mereka berada.

[caption id="attachment_341183" align="alignnone" width="400" caption="kaskus"]
1409899726558762647
1409899726558762647
[/caption]

Anak-anak di Desa Suri dan Desa Plempungan di wilayah lebak banten yang tak patah semangat, walaupun akses transportasi yang tidak memadai di daerah mereka. Anak-anak ini rela mempertaruhkan hidup mereka dalam perjalanan ke sekolah demi mununtut ilmu.

[caption id="attachment_341185" align="alignnone" width="400" caption="Radar"]
1409899890645267139
1409899890645267139
[/caption]

Para siswa SDN Cisaat Purwakarta, Jawa Barat yang sedang melewati jembatan bambu yang usianya sudah tua dan lapuk yang sewaktu-waktu ambruk demi berangkat mencari ilmu ke sekolah.

[caption id="attachment_341186" align="alignnone" width="397" caption="liputan6"]
1409900492972259226
1409900492972259226
[/caption]

Para pelajar di Desa Tanjung, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, harus bertarung nyawa untuk menuju sekolah. Mereka harus bergelayut di tali jembatan karena tidak adanya papan titian jembatan. Sejak 2007 jembatan rusak dan belum pernah diperbaiki.

[caption id="attachment_341187" align="alignnone" width="384" caption="antara"]
14099007362065673985
14099007362065673985
[/caption]

Di Desa Batu Busuk, Padang Sumatera Barat setiap harinya siswa harus bergelantungan menggunakan besi bekas jembatan ambruk melewati sungai dan berjalan 11 kilometer melalui hutan menuju sekolahnya.

[caption id="attachment_341188" align="alignnone" width="389" caption="kaskus"]
14099011521040822889
14099011521040822889
[/caption]

[caption id="attachment_341189" align="alignnone" width="387" caption="otosia"]
1409901209692230889
1409901209692230889
[/caption]

[caption id="attachment_341190" align="alignnone" width="390" caption="otosia"]
14099012581877524894
14099012581877524894
[/caption]

Tak hanya jembatan yang rusak tapi anak-anak kita setiap hari harus bertaruh nyawa ketika berangkat dan pulang sekolah karena harus berebut menaiki angkutan umum. jumlah angkutan umum yang terbatas membuat mereka harus rela duduk di atas angkot atau bergelantungan di belakang angkutan umum yang mengangkut mereka setiap hari.

[caption id="attachment_341192" align="alignnone" width="397" caption="citizen jurnalis"]
14099020982138337348
14099020982138337348
[/caption]

[caption id="attachment_341193" align="alignnone" width="396" caption="sindo"]
14099022941035393723
14099022941035393723
[/caption]

[caption id="attachment_341194" align="alignnone" width="409" caption="pikiran rakyat"]
14099024802116359132
14099024802116359132
[/caption]

Tak hanya jembatan rusak, angkutan massal yang tidak memadai, tapi kualitas jalan kita masih sangat buruk. Tak dapat dipungkiri bahwa rusaknya jalan juga turut andil dalam menyumbang sebab kematian terbesar dijalan raya akibat terjadinya kecelakaan lalu lintas. Tak hanya itu kerusakan jalan  juga menyebabkan kemacetan parah dimana-mana.

[caption id="attachment_341200" align="alignnone" width="405" caption="citizen jurnalis"]
14099039451672846869
14099039451672846869
[/caption]

[caption id="attachment_341201" align="alignnone" width="396" caption="citizen jurnalis"]
14099039781959546342
14099039781959546342
[/caption]

Di jawa kita dengan mudah bisa mendapatkan BBM, belakangan ini saja  seperti di yogyakarta dan daerah  pantura kita lihat pemandangan yang lain, dimana BBM mulai langka hingga orang harus mengantri untuk mendapatkannya. Tapi tahukah anda, bahwa ada daerah diluar jawa seperti kalimantan misalnya, daerah yang terkenal kaya minyak justru di beberapa daerah masyarakatnya kesulitan mendapatkan pasokan BBM. Sebagai contoh di daerah Kabupaten Panajam dan Paser yang berdekatan dengan balikpapan. Setiap hari kita bisa melihat pemandangan antrian BBM dari pagi hingga sore hari. bahkan tak jarang mereka yang turut mengantri tak kebagian BBM. pemandangan SPBU tutup dan tak beroperasi juga sudah biasa disana, karena ketiaedaan stok BBM.

Melihat kondisi-kondisi diatas ada beberapa poin dan kritik yang bisa kita ambil baik bagi pemerintahan baru nanti yang sepertinya sudah bernafsu menaikkan BBM. Selain itu pesan juga disampaikan bagi masyarakat yang kadung merasa alergi terhadap usul kenaikan BBM.

Bagi pemerintah ada baiknya ditinjau ulang usul kenaikan BBM tersebut sebelum infrastruktur dan angkutan publik bagi masyarakat memadai. Karena selagi angkutan umum dan infrastruktur kita masih jelek maka masyarakat pastinya akan enggan untuk menggunakan fasilitas umum dan lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi. Dilema memang karena di sisilain jika kenaikan BBM tidak dilakukan maka dikuatirkan anggaran negara akan jebol. Subsidi BBM dianggap membebani APBN kita. Anggaran yang harusnya bisa dimanfaatkan bagi pembangunan dan perbaikan fasilitas publik.

Kita juga harus jujur, jika selama ini masyarakat yang memanfaatkan subsidi BBM sebagian besar adalah masyarakat yang tinggal di pulau Jawa. Itulah sebabnya kita yang berada di jawa juga tak boleh egois dan anti dengan usulan kenaikan BBM. Selama ini banyak saudara-saudara kita yang bahkan tak bisa menikmati subsidi BBM tersebut karena langkanya BBM disana. Belum lagi masyarakat miskin yang tak bisa membeli kendaraan pribadi, mereka justru hanya mendapatkan polusi dari kendaran kita tanpa bisa ikut menikmati subsidi BBM yang besarnya triliunan rupiah.

Disinilah peran pemerintah, harus bisa adil dan bijak dalam mengambil keputusuan. Pemerintahan baru dituntut untuk bisa memperbaiki sistem dan berupaya keras mensejahterakan rakyat dengan atau tanpa harus menaikkan BBM. Saya pribadi yakin, banyak potensi-potensi pendapatan negara yang bisa digali dan potensi kebocoran anggaran yang bisa diselamatkan. Terakhir pesan yang ingin disampaikan kalaupun terpaksa harus ada kenaikan BBM saya harap masyarakat juga harus bisa legowo menerima, tapi dengan syarat sunsidi BBM benar-beanar dialihkan untuk mensejahterakan rakyat bukan oknum elite pejabat saja.

salam, dr. Wahyu Triasmara
Di desa lain di Indonesia, yaitu desa Sanghiang Tanjung, Lebak Banten, anak-anak yang tinggal di salah satu sisi dari Sungai Ciberang harus menyeberangi sebuah jembatan gantung yang sudah rusak untuk mencapai sisi lain di mana sekolah mereka berada. Salah sedikit saja, mereka bisa terpeleset dan tercebur ke sungai Ciberang yang berarus deras dan dalam. Sungai ini kerap digunakan wisatawan untuk olahraga arung jeram.

Bertarung Nyawa Demi Sekolah

Struktur gaji baru PNS- Bakal gak teriam Gaji Pokok

Jakarta: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dipastikan bakal mengubah sistem penggajian Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dalam peraturan baru menyebutkan, pemerintah menghapus gaji pokok.

Struktur gaji baru PNS- Bakal gak teriam Gaji Pokok
Struktur gaji baru PNS- Bakal gak teriam Gaji Pokok

Menteri PAN-RB Asman Abnur menjelaskan, sistem gaji PNS akan berbeda dalam UU Aparatur Sipil Negara. Dalam UU ASN, sumber pendapatan PNS, yaitu gaji dan tunjangan (kinerja dan kemahalan). Penyebutan gaji pokok ditiadakan.

"Intinya, kami akan memperbaiki struktur gaji dan tunjangan, supaya tidak ada lagi honor-honor yang tidak sesuai dengan kinerja. Itu yang nanti akan kami tertibkan," terangnya, Jumat (12/5).

Ia juga menerangkan, bentuk penggajian baru yakni berdasarkan besar kecilnya gaji seorang PNS bergantung kinerja dan jabatannya. Hal ini berbeda dengan sistem sebelumnya, dimana pemberian tunjangan dipukul rata bagi PNS yang memiliki jabatan berbeda-beda dengan nilai yang sama.

"Nanti, akan ada tunjangan kinerja dan ada ukurannya. Selama ini kan dipukul rata. PNS yang biasa-biasa saja bisa terima tunjangan sama dengan PNS yang rajin," ujarnya.

Adapun indikator pemberian tunjangan akan berpatokan pada sistem Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKID). Ketentuan perubahan struktur tersebut akan diatur dalam peraturan pemerintah (PP). PP ini terpisah dari PP yang baru saja terbit, yakni PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Asman mengungkapkan, gaji baru PNS ini akan diberlakukan serentak paling lambat 2019 nanti. Sebab, Kementerian Keuangan harus menyesuaikan dengan kondisi fiskal. Dengan model penggajian baru, PNS yang berkinerja bagus akan mendapatkan penghasilan lebih besar dibandingkan pegawai dengan kinerja biasa-biasa saja. (trs) Sumber:ngopibareng.id