Thursday 29 March 2018

Latihan Soal UAS SBK Kelas 6 Semester 2 KTSP



Bank Soal SD kls 6- Latihan Soal UAS SBK Kelas 6 Semester 2 KTSP - Berikut ini merupakan contoh Latihan Soal UAS SBK Kelas 6 Semester 2 KTSP yang dapat dipelajari sebagai bekal atau persiapan dalam menghadapi UKK (Ulangan Kenaikan Kelas) / UAS (Ulangan Semester Akhir) khususnya kelas 6 mata pelajaran SBK (Seni Budaya dan Keterampilan).

Soal ini pun dapat dijadikan referensi atau acauan dalam pembuatan Soal UKK SBK Kelas 6 Semester 2 pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP 2006). Karena soal ini dilengkapi dengan matrik dan kisi-kisi soal dan mengacu pada Kompetensi Dasar mata pelajaran SBK.

Latihan Soal UAS SBK Kelas 6 Semester 2 KTSP

I. Berilah tanda silang (x) dihuruf A, B, C atau D pada jawaban yang benar!

1. Gambar yang dibuat dengan pola teratur dan digunakan sebagai hiasan disebut . . . .
A. motif hias
B. relief
C. patron
D. disain

2. Dalam batik Jawa motif garis-garis disebut motif . . . .
A. abstrak
B. lurik
C. truntum
D. jumputan

3. Sebelum mengenal kain, nenek moyang kita membuat motif hias pada . . . .
A. tembok
B. tubuh dan kulit kayu
C. tempurung kelapa
D. batu cadas

4. Salah satu keunikan motif sulaman kasab timbul yaitu . . . .
A. disulam dari benang jahit warna-warni
B. sulaman disusun secara teratur dan berulang-ulang
C. bagian dalam motif sulaman diisi potongan karton
D. motif sulaman berupa motif geo metris

5. Keunikan motif poleng terdapat pada makna simboliknya. Motif kotak-kotak hitam dan putih secara berselang-seling mengandung makna . . . .
A. baik dan buruk
B. hambar dan asin
C. laki-laki dan perempuan
D. api dan air

6. Gambar ilustrasi disebut juga gambar . . . .
A. cerita 
B. dekorasi 
C. drama 
D. karikatur

7.  menggambar berikut yang tidak memerlukan pengencer yaitu . . . .
A. cat poster 
B. cat air 
C. krayon 
D. tinta

8. Dalam menggambar ilustrasi suasana alam sekitar, bingkai pemandang berfungsi untuk …..
A. memilih sudut pandang suasana alam yang paling menarik
B. membidik gambar suasana alam dalam bentuk foto
C. membuat sketsa kasar suasana alam yang diamati
D. membingkai gambar suasana alam yang telah dibuat
9. Pameran kelas sebaiknya diadakan …. 
A. tiap akhir semester
B. Setiap akhir pecan
C. Setiap minggu
D. Setiap hari

10. Karya seni rupa untuk pameran kelas ditata berdasarkan ….
A. keputusan kepala sekolah
B. warna-warni karya
C. rapat orangtua
D. jenis karya

11. Sampek berasal dari daerah . . . .
A. Jawa Barat
B. Jawa Tengah
C. Kalimantan
D. Papua

12. Musik Thek-Thek atau Kentungan berasal dari daerah . . . .
A. Jawa Barat
B. Jawa Timur
C. Jawa Tengah
D. Papua

13. Tangga nada yang digunakan dalam lagu ”Soleram” yaitu . . . .
A. diatonik mayor
B. diatonik minor
C. pentatonik
D. septatonik

14. Lagu yang isi syairnya menggambarkan kegagahan burung garuda yang menja di lambang negara kita yaitu lagu . . . .
A. Manuk Dadali
B. Apuse
C. Gundhul Pacul
D. Soleram

15. Alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik adalah ….
A. Angklung
B. Kecapi
C. rebab
D. Tifa

16. Musik Thek-Thek atau Kentungan dimainkan oleh . . . orang.
A. 20 sampai 30
B. 20 sampai 40
C. 30 sampai 40
D. 30 sampai 50

17. Tarian yang hidup dan berkembang di kalangan rakyat jelata disebut tari . . . .
A. klasik
B. rakyat
C. modern
D. kreasi baru

18. Karya tari yang berasal dari daerah Surakarta yaitu tari . . . .
A. Gambyong
B. Payung
C. Jaipongan
D. Remo

19. Sebelum melakukan pementasan musik, ada satu hal penting yang harus kamu persiapkan yaitu ….
A. repertoar atau materi pertunjukan musik
B. mendokumentasikan pertunjukan musik
C. mengevaluasi hasil pertunjukan musik
D. mengapresiasi hasil pertunjukan musik

20. Birama yang tepat saat mementaskan lagu “Naik-naik ke Puncak Gunung” adalah ….
A. 2/2
B. 2/4
C. 4/4
D. 6/8

21. Garis-garis di lantai yang dibentuk oleh formasi penari disebut . . . .
A. properti
B. pola lantai
C. pola tari
D. ekspresi

22. Perhatikan tabel berikut ini !
1 Jumlah Penari
2 Gerak Tari
3  Juri Pertunjukan
4 Tempat pertunjukan
5 Penonton Pertunjukan
Bentuk pola lantai karya tari harus disesuaikan dengan …..
A. 1, 2, 3
B. 2, 3, 5
C. 1, 2, 4
D. 1, 4, 5

23. Pendukung yang tepat dalam membentuk pola tari dengan . . . .
A. jumlah penari, gerak tari, dan tempat pertunjukan
B. busana, tata rias, dan panggung
C. panggung, properti, dan tata rias
D. tata lampu, busana, dan gerak

24. Koreografer dapat menunjukkan kemampuannya dalam mencipta karya tari melalui ….
A. pergelaran
B. wawasan
C. apresiasi
D. ekspresi

25. Seksi-seksi khusus dalam pergelaran karya seni tari yaitu . . . .
A. penata tari, penata rias, penata busana, penata panggung, dan pe nata iringan
B. sekretaris, bendahara, penanggung jawab, dan penata tari
C. penanggung jawab, ketua, penata tari, penata panggung, dan penata iringan
D. pengumpul karya tari, pelaksana, penanggung jawab, koordinator, dan penata tari

26. Langkah pertama yang diperlukan dalam mempersiapkan pertunjukan karya seni tari adalah ....
A. mempersiapkan pergelaran
B. menyusun kepanitiaan
C. membuat perencanaan
D. pelaksanaan pertunjukan

27. Tari Kuda Kepang diperagakan secara . . . .
A. berpasangan
B. duet
C. berkelompok
D. perseorangan

28. Tari Kuda gepang Putri berasal dari daerah . . . .
A. Sumatra Selatan
B. Kalimantan Selatan
C. NTB
D. Maluku

29. Saat pertama kali diciptakan, roda berupa . . . .
A. logam berlapis karet
B. kayu gelondongan
C. bulatan dari tanah liat
D. bulatan dari semen

30. Tujuan pemberian roda pada berbagai perabot yaitu untuk . . . .
A. memudahkan dalam memindahkannya
B. memudahkan dalam menjualnya
C. memudahkan dalam membelinya
D. mengamankan perabot dari pencuri

31. Komponen utama otopet yaitu . . . .
A. papan pijakan, sabuk pengaman, roda
B. kayuh, tempat duduk, tangkai kemudi
C. papan pijakan, tangkai tegak, tangkai kemudi, roda
D. rem, roda, tangkai kemudi, jeruji

32. Pembuatan gambar rancangan sebelum berkarya benda kerajinan selalu dianjurkan sebab dapat . . . .
A. memberi gambaran bentuk benda yang akan dibuat
B. menghemat biaya pembuatan
C. mempercepat proses pembuatan
D. merangsang timbulnya ide baru

33. Gambar rancangan yang baik yaitu . . . .
A. berupa sketsa kasar
B. sketsa yang diperhalus, diwarnai, disertai nama bagian-bagiannya
C. dibuat dalam ukuran besar
D. diwarnai dengan warna-warna terang

34. Perhatikan gambar berikut ini !
        Latihan Soal UAS SBK Kelas 6 Semester 2 KTSP
Bagian otopet yang ditunjukkan oleh huruf A disebut . . . .
A. tangkai tegak
B. kemudi
C. kayuh
D. sandaran

35. Perhatikan gambar berikut ini !
  Latihan Soal UAS SBK Kelas 6 Semester 2 KTSP
Bagian truk yang ditunjukkan oleh huruf B disebut . . . .
A. bak
B. roda
C. kepala
D. rem

II. Isilah titik-titik berikut ini dengan jawaban yang tepat !

36. Perhatikan gambar berikut ini !
Latihan Soal UAS SBK Kelas 6 Semester 2 KTSP
Tema yang tepat pada gambar ilustrasi tersebut adalah ….
37. Dalam menyiapkan pameran karya seni rupa diperlukan dekorasi ruang. Dekorasi ruang bertujuan untuk ….
38. Jenis gendang yang terdapat di Papua, Kalimantan Tengah, dan Maluku disebut gendang . . . .
39. Lagu anak-anak menggambarkan tentang segala kehidupan ….
40. Alat musik angklung berasal dari …..
41. Perhatikan pola lantai berikut ini !
 Latihan Soal UAS SBK Kelas 6 Semester 2 KTSP
Jumlah pemain pada pola lantai tersebut adalah ….
42. Nama lain busana tari disebut ….
43. Tugas seksi perlengkapan panggung dalam persiapan pertunjukan disekolah adalah ….
44. Perhatikan gambar berikut ini !
  Latihan Soal UAS SBK Kelas 6 Semester 2 KTSP
Bahan utama mainan pada gambar tersebut adalah ….
45. Perhatikan gambar berikut ini !
  Latihan Soal UAS SBK Kelas 6 Semester 2 KTSP
Gambar rancangan tersebut digunakan untuk membuat mainan ….

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan jawaban yang singkat dan jelas!

46. Apa tujuan penataan karya seni rupa dalam penyelenggaraan pameran seni rupa di kelas atau sekolah ?
47. Sebutkan hal-hal yang harus dilakukan sebelum pementasan !
48. Perhatikan gambar berikut ini !
   Latihan Soal UAS SBK Kelas 6 Semester 2 KTSP
Gambarkan garis bentuk formasi penari berdasarkan gambar tersebut !
49. Tuliskan manfaat pembuatan mainan dari barang bekas bagi anak-anak !
50. Jelaskan fungsi roda pada mainan beroda !

5 comments

Mana kunci jawabannyaa, kasih tau dong masak sih soal gk ada kunci jawabannya.