Monday 3 August 2020

Kunci Jawaban SD Kelas 1-3: Belajar di Masa Pandemi Corona



Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI memutuskan hari pertama masuk sekolah, pada Senin 13 Juli 2020. Termasuk juga program Belajar dari Rumah TVRI atau BdR TVRI.


Siswa Sekolah Dasar (SD) kelas 1-3 dan sederajat akan mendapatkan materi belajar tentang hari pertama sekolah pada pukul 08.30-09.00 WIB.

Ada empat soal yang diberikan dalam materi Hari Pertama Sekolah untuk siswa SD kelas 1-3. Sebelumnya, siswa terlebih dahulu harus menyaksikan materi video New Normal atau adaptasi kebiasaan baru dari Bobo.


1. Mengapa kita harus belajar di rumah?

Jawaban: Karena saat ini masih pandemi virus corona (Covid-19). Belajar di rumah merupakan salah satu cara untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

2. Apa saja yang harus kita lakukan di masa new normal atau adaptasi kebiasaan baru?

Jawaban:

- Gunakan masker jika keluar rumah untuk kepentingan mendesak.

- Selalu menjaga kebersihan seperti rajin mencuci tangan. Pakai hand sanitizer jika tidak ada wastafel cuci tangan.

- Selalu menjaga jarak dan menghindari kerumunan orang bayak.

- Segera mandi dan ganti baju setelah bepergian.

- Meningkatkan daya tahan tubuh dengan berolahraga dan istirahat yang cukup.

- Mengonsumsi makanan bergizi dan vitamin.

3. Mengapa pemakaian masker itu penting?

Jawaban: Memakai masker itu penting agar dapat menghindari masuknya virus corona melalui lubang hidung atau mulut. Saat ada orang lain bersin atau batuk, virus tidak jatuh mengenai orang lain.

4. Peragakan cara berkenalan dengan teman baru bersama orangtua atau keluargamu dengan memperhatikan kebiasaan baru.

Jawaban:

- Selalu menggunakan masker

- Perkenalkan diri tanpa bersalaman atau melakukan salam namaste dengan menangkupkan kedua telapak tangan di dada dan menganggukkan kepala.

- Ingat untuk tetap menjaga jarak sejauh 1-2 meter.

“Halo, nama saya Adinda. Saya lahir di Surabaya, 15 Februari 2013. Sekarang saya tinggal di Jalan Surabaya nomor 12. Ayah saya sehari-hari bekerja sebagai dokter, sedangkan ibu saya di rumah menjaga adik. Saya senang belajar dan menggambar. Saya punya cita-cita menjadi dokter seperti ayah saya.”

* Kunci Jawaban ini sebagai panduan orangtua saat mendampingi proses belajar di rumah dan mengoreksi jawaban anak.